Subhanallah ... Wanita ini Tetap Shalat Meski di Sawah



PERHATIKAN foto bagian kanan. Anda tidak salah lihat. Wanita berjilbab ini memang sedang shalat. Uniknya, bukan di rumah ataupun masjid/musholla, tapi di sawah.
Saat itu, pertengahan bulan ini, Ira, demikian namanya, mengikuti kegiatan gotong royong memanen padi (foto bagian kiri). Bersama sekitar 20 warga Desa Bone-Bone, Kecamatan Baraka, Enrekang, Sulawesi Selatan, ia turun ke sawah.
Begitu masuk waktu shalat Zhuhur, Muslimah kelahiran 1988 ini berganti pakaian. Usai berwudhu di kolam kecil, ia pun menggelar alas sekenanya di atas tanah. Lalu shalat di antara batang-batang padi yang sudah dibabat.
Beberapa meter di bawah Ira, seorang Muslimah lain juga tampak mendirikan shalat.
Tampak Muslimah lainnya di bagian bawah Ira, tepatnya di kaki bukit persawahan. [Foto: Syakur]
Tampak Muslimah lainnya di bagian bawah Ira, tepatnya di kaki bukit persawahan. [Foto: Syakur]
Sudah menjadi tradisi warga Desa Bone-Bone bergotong royong memotong padi setiap hari Sabtu pada masa panen. Dalam satu keluarga, setidaknya harus ada 1 orang anggota keluarga yang turun ke sawah.
Sabtu (15/08/2015) itu, saat foto ini dijepret hidayatullah.com, Ira mewakili suaminya yang berhalangan hadir. Wanita ini berkali-kali memalingkan wajahnya saat dipotret. Ia tampak tidak berkenan untuk diwawancarai.
Sementara itu, para petani pria juga shalat Zhuhur di berbagai pojok sawah dan perkebunan nan luas itu. Mereka berpencar sekaligus beristirahat sejenak.
Refleksi dari tradisi mereka, adakah kesibukan dan alasan yang membuat kita enggan untuk shalat?.*

0 Response to "Subhanallah ... Wanita ini Tetap Shalat Meski di Sawah "

Posting Komentar