Awas!!! 6 Makanan Ini Beracun Jika Dihangatkan Lagi

Setiap makanan mempunyai karakteristiknya masing-masing, baik itu dalam cara makannya maupun cara masaknya. Bahkan jika kita salah dalam pengolahannya, bukan nutrisi lagi yang akan kita dapat tetapi racun. Untuk itu kita perlu mengetahui hal-hal tersebut dengan menyimak awas, makanan ini beracun jika dipanaskan lagi.

Awas, Makanan Ini Beracun Jika Dipanaskan Lagi untuk Dimakan!

1. Daging ayam
Daging ayam adalah salah satu dari 6 jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang. Daging ayam dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti rica-rica, ayam goreng, ayam kecap, dan masih banyak lagi. Kemudian kenapa daging ayam tidak boleh dipanaskan lagi? Hal ini karena daging ayam mengandung protein yang cukup tinggi. Jadi apabila kita memanaskannya kembali dalam keadaan matang, maka protein tersebut dapat mengganggu sistem pencernaan kita. Oleh karenanya, lebih baik kita memasak sedikit daging ayam agar habis pada waktu itu juga, daripada kita harus mengorbankan kesehatan tubuh.



2. Kentang
Kentang merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Nutrisi tersebut sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Kentang bisa dimakan dengan tambahan saos atau juga sebagai pelengkap suatu masakan, seperti soto atau sup. Apabila kita menyimpan kentang terlalu lama, maka nutrisi tersebut akan semakin berkurang. Bahkan dapat membuat pencernaan kita bermasalah jika kentang yang telah matang dipanaskan lagi. Oleh karena itu, penyimpanan yang baik diperlukan untuk menjaga kualitas kentang, salah satunya adalah dengan memasukannya ke dalam lemari es.

3. Daun seledri
Daun seledri adalah salah satu makanan yang tidak boleh dipanaskan. Daun ini merupakan bahan makanan pelengkap untuk menambah rasa semakin sedap. Dan sangat jarang, daun seledri dikonsumsi dengan sendirinya. Pada umumnya, orang-orang menggunakan daun seledri dalam sup. Daun seledri juga mempunyai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun hanya sebagai pelengkap, seledri juga bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan jika kita memanaskan sup dengan seledri di dalamnya. Oleh karena itu, sebaiknya jika kita ingin memanaskan sup, maka buanglah daun seledri terlebih dahulu agar tidak meracuni makanan itu.

4. Jamur
Sekarang, jamur adalah makanan yang digemari oleh banyak orang. Jamur dalam kondisi segar dapat membuat kenikmatan jamur bertambah. Biasanya, jamur diolah dengan cara digoreng, dibuat tumis, ataupun sebagai pelengkap masakan lain. Sama seperti daging ayam, jamur memliki kandungan protein yang dapat berguna bagi tubuh. Namun, jika kita memanaskannya kembali, jamur ini akan kehilangan kandungan proteinnya dan bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan.

5. Telur
Telur merupakan hasil dari ayam yang juga mengandung protein cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh kita. Namun, kandungan protein ini akan hancur saat kita memanaskan lagi telur yang sudah dimasak. Bahkan tidak hanya itu, telur bisa mengandung racun yang dapat membahayakan bagi kesehatan pencernaan.

6. Bayam
6 makanan yang tidak boleh dipanaskan terakhir adalah bayam. Bayam dikenal sebagai makanan yang mempunyai banyak gizi dan nutrisi bagi tubuh, yaitu kandungan zat besi dan flavonoid. Zat besi dapat dimanfaatkan guna perkembangan tulang. Sedangkan, flavonoid dapat mengurangi infeksi pada tubuh yang dapat menyebabkan kanker. Namun, jika kita tidak mengerti bagaimana cara pengolahan yang tepat, maka bayam ini juga dapat menyebabkan penyakit kanker jika kita memanaskan kembali bayam yang sudah di masak. Lebih baik kita membuang sisa bayam daripada harus menerima resiko terkena kanker.

Demikianlah makanan-makanan yang beracun jika dipanaskan lagi. Sebaiknya kita bisa mengira berapa banyak makanan yang kita perlukan, sehingga makanan itu habis sekali masakan. Kalaupun makanan tersebut sisa, sebaiknya kita membuangnya daripada beresiko bagi kesehatan tubuh.

(tempo)

0 Response to "Awas!!! 6 Makanan Ini Beracun Jika Dihangatkan Lagi"

Posting Komentar