Inilah 4 Tanda Orang yang Akan Celaka


Kebalikan dari sebuah kebahagiaan, orang yang celaka pasti tidak akan merasa senang dalam hidupnya. Jalan yang dilaluinya terasa berat, selalu merasa kurang, dan tidak adanya rasa syukur kepada Allah SWT. Apa sajakah hal-hal yang akan membuat orang celaka? Nabi SAW menyatakan, bahwa tanda orang celaka ada 4, yaitu :

1. Suka melupakan dosa-dosa yang telah lalu, padahal dosa-dosa itu tersimpan disisi Allah.
Ini merupakan tanda yang pasti untuk orang yang celaka, karena ia sengaja melupakan dosa yang telah dilakukan, padahal dosa tersebut belum mendapatkan ampunan Allah.

2. Suka membangga-banggakan kebaikan yang telah lalu, padahal ia tidak tahu apakah kebaikannya itu diterima atau tidak.
Bangga terhadap amalan yang telah ia lakukan merupakan hal yang akan membuat diri ini celaka, orang yang seperti ini akan merasa dirinya sombong karena telah melakukan suatu kebaiakan, padahal belum  tentu amalannya diterima.

3. Dalam urusan dunia ia suka melihat kepada orang yang lebih tinggi.
Jika perkara dunia selalu melihat kepada orang yang lebih tinggi, maka yang akan kita rasakan hanyalah kekurangan yang tiada habisnya, tidak ada rasa syukur didalam dirinya, dan selalu ingin mengejar ketertinggalan dunia. Yang dikhawatirkan ketika perkara dunia saja yang ingin dicapai, ia lupa akan akhiratnya sehingga cara apapun dilakukan untuk mendapatkan tujuannya tanpa melihat halal dan haramnya.

4. Dalam urusan agama ia suka melihat kepada orang yang lebih rendah.
Orang yang seperti ini akan merasa cukup dengan ibadah yang dilakukan, merasa dirinya lebih baik dari orang lain. Padahal hal seperti ini yang akan menyebabkan ia menjadi orang yang celaka. Karena seharusnya hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, jangan hanya sama dengan hari kemarin, atau parahnya lagi lebih buruk dari hari kemarin.

Mudah-mudahan dengan kita mengetahui tanda orang yang celaka diatas, akan membuat langkah kita menjadi lebih hati-hati dalam menapaki kehidupan, sehingga terhindar dari cap orang yang celaka. Aamiin

0 Response to "Inilah 4 Tanda Orang yang Akan Celaka"

Posting Komentar