Preman Insyaf Setelah Peluru “Bersarang” di Kepala



Masa muda Bayu Ruben ‘Kemod’ dihabiskan di penjara. Pentolan Brigez itu pernah bertarung mati-matian melawan geng motor rivalnya. Kini, di sisa usianya, dia harus berjuang melawan kanker yang tumbuh di otaknya.
Uben, begitu sapaan akrabnya, mengaku pernah terkena peluru di bagian kepala pada tahun 2006. Kala itu, dia terlibat perampokan dan pembunuhan di jalan Riau, Bandung, Jawa Barat. Entah bagaimana, dia akhirnya bisa selamat. Namun ada sisa penyakit yang bersarang di otaknya.
“Sekarang sudah nggak ada (peluru). Cuma kata dokter status saya sudah stadium 2, seperti Kang Epi (Epi Kusnandar, salah satu pemain di sinetron preman pensiun yang pernah divonis kanker otak),” terang Uben, akhir pekan lalu.
Hal tersebut disampaikan Uben saat berbincang dengan detikcom di sela-sela acara halal-bihalal organisasi kepemudaan (OKP) Brigez bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ustad Arifin Ilham. Uben yang tampil dengan rompi jaket kulit khusyuk berdoa di acara tersebut.
“Tinggal menunggu, menghitung hari, detik demi detik. Makanya di sisa umur ini saya ingin buat yang terbaik untuk orang tua saya utamanya, umumnya untuk masyarakat luas,” imbuhnya.
Saat ini, Uben menjalani pengobatan, namun tidak terlalu intensif. Dia memilih pasrah dan berserah diri pada yang Maha Kuasa. Terlebih lagi, dia masih diizinkan hidup setelah mendapat luka tembak di kepala.
“Saya pasrahkan, tiap salat, tiap dzikir, pasrahkan ke Allah. Kalau Allah menghendaki yang terbaik, ya itulah yang terbaik buat saya. Cuma saya ingin setiap hari itu khusnul khotimah. Meskipun keinginan saya itu terlalu besar, terlalu banyak, tapi Allah kalau mengizinkan. Kun fayakun. Kamu mati, cuma sampai sini. Minimal saya hijrah, dari tempat yang nggak benar ke tempat yang benar,” paparnya.
Uben adalah anggota Brigez yang menghabiskan masa mudanya di penjara. Dia pernah terlibat kasus pembunuhan, perampokan dan penjambretan. Penjara di Bandung sampai Nusakambangan sudah pernah dicicipinya. Dia bahkan pernah berdampingan sel dengan Sumanto, eks terpidana kasus pencurian mayat yang dikenal karena memakannya.

0 Response to "Preman Insyaf Setelah Peluru “Bersarang” di Kepala"

Posting Komentar