Inilah Cara Rasulullah Memanjakan Istrinya..



Memanjakan isteri untuk menunjukkan kasih sayang adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang suami, Rasulullah saw pun mencontohkan bagaimana cara memanjakan isteri agar bisa menciptakan suasana romantis, sehingga beliau menghias hari-hari dalam keluarganya penuh dengan kemesraan. hal tersebut tercermin dalam hadits-hadits seperti dibawah ini,

1. Tidur dalam satu selimut bersama isteri

Dari Atha bin Yasar. “ Sesungguhnya Rasulullah saw dan ‘Aisyah ra biasa mandi bersama dalam satu bejana. Ketika beliau sedang berada dalam satu selimut dengan ‘Aisyah , tiba-tiba ‘Aisyah bangkit. Beliau kemudian bertanya “mengapa engkau bangkit ?” ‘Aisyah menjawab “Karena aku sedang Haidh, wahai Rasulullah . Kemudian Rasulullah berkata “ Kalau begitu pergilah, lalu berkainlah dan dekatlah kembali denganku” Akupun masuk lalu berselimut bersama beliau.” (HR Sa’id bin Manshur )

2. Mandi bersama Isteri

Dari ‘Aisyah ra, ia berkata. “Aku biasa mandi bersama Rasulullah dengan satu bejana. Kami biasa bersama-sama memasukkan tangan kami ( kedalam bejana)” (HR. ‘Abdurrazaq dan Ibnu Abu Syaibah)

3. Memberi wangi-wangian pada aurat

‘Aisyah berkata, “Sesungguhnya Nabi saw apabila meminyaki badannya beliau memulai dari auratnya dan mengolesinya dengan nurah (sejenis bubuk pewangi), dan isterinya meminyaki bagian lain seluruh tubuhnya.” (HR Ibnu Majah)

4. Disisir Isteri

Dari ‘Aisyah ra ia berkata. “ Aku biasa menyisir rambut Rasulullah saw, saat itu aku sedang haidh “ (HR.Ahmad)

5. Meminta isteri meminyaki badannya

Dari ‘Aisyah ra , ia berkata , “Saya meminyaki badan Rasulullah saw pada hari raya ‘Idul Adha setelah beliau melakukan jumrah ‘aqabah .” (HR Ibnu ‘Asakir)

6. Minum bergantian pada tempat yang sama.

Dari ‘Aisyah dia berkata ,” Saya biasa minum dari mud yang sama ketika haidh, lalu Rasulullah mengambil mud tersebut dan meletakkan kemulutnya ditempat saya meletakkan mulut saya, lalu beliau minum, kemudian saya mengambil mud, lalu saya menghirup isinya, kemudian beliau mengambil dari saya, lalu beliau meletakkan mulutnya pada tempat saya meletakkan mulut saya, lalu beliaupun menghirupnya.” (HR.’Abdurrazaq dan Sa’id bin Manshur)

7. Membelai isteri

Dari ‘Aisyah ra, “ Adalah Rasulullah saw tidaklah setiap hari melainkan beliau mesti mengelilingi kami isterinya seorang demi seorang. Beliau menghampiri dan membelai kami dengan tidak mencampuri kami hingga beliau singgah ketempat isteri yang beliau gilir waktunya, lalu beliau bermalam di tempatnya.” ( HR. Ahmad )

8. Mencium isteri

Dari ‘Aisyah ra, “ bahwa Rasulullah saw biasa mencium isterinya setelah wudhu’ kemudian beliau sholat dan tidak mengulangi wudhu’nya” (HR.’Abdurrazaq)

Dari Hafshah, puteri ‘Umar ra “sesungguhnya Rasulullah saw biasa mencium isterinya sekalipun sedang puasa.” (HR.Ahmad)

9. Tiduran di pangkuan isteri

Dari ‘Aisyah ra ia berkata, “ Rasulullah saw biasa meletakkan kepalanya dipangkuanku walaupun aku sedang haidh, kemudian beliau membaca Al-Qur’an.” (HR Abdurrazaq)

10 .Memanggil dengan kata-kata romantis

Rasululah saw biasa memanggil “aisyah dengan beberapa nama panggilan yang disukainya, seperti ‘Aisy dan Humaira ( pipi merah delima )

11. Mendinginkan kemarahan isteri dengan mesra

Rasulullah saw biasa memijit hidung ‘Aisyah jika ia sedang marah dan beliau berkata, “ Wahai ‘Uwaisy, bacalah do’a “ Wahai Tuhanku, Tuhan Muhammad, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kekerasan hatiku , dan lindungilah diriku dari fitnah yang menyesatkan.” (HR. Ibnu Sunni)

12. Bermesraan walau isteri Haidh

Dari ‘Aisyah a, ia berkata,” Saya biasa mandi bersama Rasulullah saw dengan satu bejana, padahal kami sama-sama dalam keadaan junub. Aku biasa menyisir rambut Rasulullah ketika beliau menjalani I’tikaf di masjid dan aku sedang haidh. Beliau biasa menyuruh aku menggunakan kain ketika aku sedang haidh , lalu beliau bermesraan denganku.” (HR. ’Abdurrazaq dan Ibnu Abi Syaibah)

13. Membersihkan tetesan darah haidh isteri

Dari ‘Aisyah ra, ia berkata, “ Aku pernah tidur bersama Rasulullah saw diatas satu tikar ketika aku sedang haidh. Bila darahku menetes ketikar itu, beliau mencucinya dibagian yang terkena tetesan darah dan beliau tidak berpindah dari tempat itu, kemudian beliau sholat ditempat itu pula, lalu beliau berbaring kembali di sisiku. Bila darahku menetes lagi ketikar itu, beliau mencuci dibagian yang terkena darah itu dan tidak berpindah dari tempat itu, kemudian beliau pun sholat diatas tikar itu “ (HR. Nasa’i)

14. Memberi hadiah

Dari Ummu Kaltsum binti Abu Salamah, ia berkata,” Ketika Nabi saw menikah dengan Ummu Salamah beliau bersabda kepadanya , “ Sesungguhnya aku pernah hendak memberi hadiah kepada Raja Najasyi sebuah pakaian berenda dan beberapa botol minyak kasturi , namun aku mengetahui bahwa ternyata Raja Najasyi telah meninggal dunia dan aku mengira hadiah itu akan dikembalikan, Jika hadiah itu dikembalikan kepadaku , aku akan memberikannya kepadamu.”

Ummu Kultsum berkata,” Ternyata keadaan Raja Najasyi seperti yang disabdakan Rasulullah saw dan hadiah itu dikembalikan kepada beliau, lalu beliau memberikan kepada masing-masing isterinya satu botol minyak kasturi, sedang sisa minyak kasturi dan pakaian tersebut beliau berikan kepada Ummu Salamah.” (HR .Ahmad)

15. Segera menemui isteri jika tergoda

Dari Jabir , sesungguhnya Rasulullah saw pernah melihat wanita, lalu beliau masuk ketempat Zainab, lalu beliau tumpahkan keinginan beliau kepadanya, lalu keluar dan bersabda. “ Wanita kalau menghadap, ia menghadap dalam rupa setan (menggoda) . . . bila seseorang diantara kamu melihat seorang wanita yang menarik, hendaklah ia datangi isterinya, karena pada isteri ada hal yang sama dengan yang ada pada wanita itu.” (HR.Tirmidzi)

Demikianlah indahnya kemesraan Rasulullah kepada isterinya, semoga bisa jadi teladan untuk membina kasih sayang antara suami – isteri. selamat mencoba dan semoga kita dapat membina hubungan keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah serta dikaruniai keturunan yg soleh dan solehah. Amiin 

0 Response to "Inilah Cara Rasulullah Memanjakan Istrinya.."

Posting Komentar